Berita

You are here

UPACARA PERINGATAN HARI BAKTI RIMBAWAN KE-38

SAROLANGUN- Selasa (16/01) Upacara Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 yang dipimpin langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dilaksanakan di Plaza Ir. Soedjono Soerjo Gedung Manggala Wanabakti dan diikuti secara virtual oleh seluruh instansi lingkup Kementerian LHK. Seluruh staff yang berada di kantor Balai TNBD mengikuti upacara ini dengan hikmat meskipun dilaksanakan secara virtual. Dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan ini tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kunjungan Bumi Edukasi dan Relawan Pengajara Melawan TN Kutai Kalimantan Timur

Pada hari selasa tanggal 2 s.d 6 Maret BTN Bukit Duabelas kedatangan tamu Bumi Edukasi dan Relawan Pengajar Melawan TN Kutai Kalimantan Timur.

Keluarga BTN Bukit Duabelas, terharu, dan merasa bangga atas kunjungan ini, meskipun hanya beberapa hari, semoga pertemuan ini cukup untuk melepas rindu dan berbagi pengalaman yang dialami di lokasi masing-masing. Ini menjadi penambah semangat dan darah segar bagi relawan dan pejuang pendidikan Orang Rimba di Bukit Duabelas.

Pembinaan Teknis Kepala Balai ke Resort II.E Air Hitam I sekaligus Kunjungan Kerja ke Wisata Budaya Rumah Adat Orang Rimba

Rabu, 10 Februari 2021 Kepala Balai TNBD bersama Kepala Seksi PTN Wilayah II didampingi oleh Kepala Resort II.E Air Hitam I beserta Staf melakukan kunjungan kerja ke wilayah adat Kelompok Temenggung Grip tepatnya di Kawasan Wisata Budaya Rumah Adat Orang Rimba. Perjalanan menuju rumah adat dilakukan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 2 jam dari batas kawasan. Sepanjang perjalanan tim sekaligus mendata lahan garapan anggota kelompok Temenggung Grip.

CEGAH PENYEBARAN COVID-19, BALAI TNBD GELAR RAPID TEST

SAROLANGUN- Kemarin (8/12), Balai Taman Nasional Bukit Duabelas bekerjasama dengan RS Langit Golden Medika mengadakan Rapid Test dilingkungan kantor Balai TNBD. Kegiatan ini diikuti oleh ASN dan PPNPN kantor Balai TNBD. Rapid test bertujuan untuk screening awal Covid-19 mengingat penyebaran penyakit yang sangat cepat serta mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dilingkungan kantor.

PERINGATAN HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA TAHUN 2020

Selasa, 8 Maret 2020

SAROLANGUN- Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tanggal 9 Desember diperingati sebagai bentuk upaya penyadaran publik bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa. Sesuai Surat Edaran dari KPK Republik Indonesia setiap Kementerian/Lembaga dan Pemda untuk menyelenggarakan rangkaian Hakordia tahun 2020. Peringatang Hakordia ini bertujuan untuk memperluas keterlibatan masyarakat dalam mensosialisasikan nilai-nilai antikorupsi.

KEGIATAN KOLABORATIF “MEMADUKAN HUKUM ADAT ORANG RIMBA DENGAN ATURAN NEGARA DALAM MENGELOLA KAWASAN TNBD”

SAROLANGUN. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian dari Agenda Bersama Jilid II yang tengah disusun oleh pihak Balai TNBD dengan melibatkan LSM pendamping Orang Rimba, Pemerintah Daerah, dan Orang Rimba. Dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 4 Desember 2020 di tiga lokasi yaitu Wilayah Selatan (di SAD Center desa Pematang Kabau), Wilayah Barat (di Balai Desa Sungai Jernih), dan Wilayah TImur-Utara (Desa Hajran).

Jernang, Emas Rimba yang Terancam Punah

Kamis, 05 November 2020

 

Rotan, kita semua tahu. Tapi apakah Anda tahu apa itu jernang? Jernang adalah produk turunan dari rotan, dipakai jadi bahan baku pewarna di industri porselen. Harganya mahal, tapi kebakaran hutan dan lahan membuat jernang makin sulit dicari. Suku Orang Rimba di Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi kini belajar budidaya jernang supaya tak punah. Kontributor KBR Elvydayanty Darkasih menelusuri hutan di Kabupaten Sarolangun, Jambi, dan mencari tahu soal jernang ini.

Pages