Artikel

You are here

POTENSI POHON SIALANG DI RESORT I.C MAROSEBO ULU 2

Pohon Sialang merupakan sebutan untuk berbagai jenis pohon yang menjadi “rumah” bagi lebah madu hutan bersarang. Pohon Sialang biasanya adalah pohon yang dapat tumbuh sangat besar dan tingginya melebihi pepohonan lain di sekitarnya dengan bentuk fisik batangnya lurus meninggi. Terdapat beberapa jenis pohon Sialang diantaranya yaitu jenis Kedondong (Spondias sp), Keruing (Dipterocarpus sp), Pulai (Alstonia scholaris),  Kempas (Kompassia malaccensis) dan lain-lain.

Jamur Makro (Amauroderma rugosum)

Jamur ini termasuk dalam genus dari suku Ganodermataceae termasuk filum Basidiomycota yang memiliki tangkai. Amauroderma rugosum memiliki tangkai lateral berwarna hitam. Secara alamiah jamur ini dijumpai tumbuh di atas permukaan tanah.

Struktur tubuh berbentuk seperti payung, permukaan atas berwarna cokelat kehitaman, tebal dan sangat keras. Permukaan atas tudung bertekstur halus dan Permukaan bawah tudung tampak berwarna coklat dan berpori.

Pemanfaatan Getah Jernang sebagai Pewarna Ambung oleh Suku Anak Dalam

Salah satu Hasil Hutan Bukan Kayu yang berlimpah di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas adalah Daemonorops spp. atau lebih dikenal dengan sebutan jernang. Jernang merupakan jenis dari rotan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Jenis Jernang yang terdapat di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas adalah Daemonorops draco (Willd.) Blume. Di dalam kawasan juga terdapat Demplot untuk pengembangan Jernang.

pengambilan data untuk penyusunan Desain Tapak Zona Pemanfaatan Wisata Taman Nasional Bukit Duabelas

Pekan lalu Petugas PEH dan Polhut Balai Taman Nasional Bukit Duabelas melaksanakan kegiatan pengambilan data untuk penyusunan Desain Tapak Zona Pemanfaatan Wisata Taman Nasional Bukit Duabelas. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pengesahan Zonasi/Tata Ruang Adat TNBD pada 2019 lalu sesuai SK Dirjen KSDAE Nomor : SK.191/KSDAE/PIKA/KSA.0/5/2019 tanggal 20 Mei 2019.

Pembinaan Habitat Demplot Tumbuhan Obat Resort II.E Air Hitam I

Pelaksanaan pembinaan habitat demplot tumbuhan obat Resort II.E Air Hitam I yang bertujuan untuk memperbaiki keadaan habitat guna mempertahankan keberadaan atau menaikkan kualitas tempat hidup tumbuhan obat.

Demplot tumbuhan obat ini dibangun dengan tujuan untuk pengembangan dan pelestarian jenis tumbuhan obat yang dimanfaatkan oleh Suku Anak Dalam dalam proses penyembuhan penyakit tertentu.

Pelatihan Menembak Polhut Taman Nasional Bukit Duabelas

Balai Taman Nasional Bukit Duabelas melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Polisi Kehutanan (Pelatihan Menembak) Tahun 2021, 1-2 Februari 2021 di Jambi. Pelatihan ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Balai TNBD, dan diikuti oleh seluruh Pejabat Fungsional Polhut TNBD sebanyak 23 orang ditambah dengan pejabat struktural sebanyak 3 orang (Kepala Balai, Kepala SPTN Wilayah I Batanghari dan Kepala SPTN Wilayah II Tebo).

PEMBINAAN PEGAWAI OLEH DIRJEN KSDAE DAN PENANDATANGANAN KESEPAKATAN KONSERVASI ANTARA BALAI TAMAN NASIONAL BUKIT DUABELAS DENGAN 3 (TIGA) PEMERINTAH DESA PENYANGGA TNBD

PEMBINAAN PEGAWAI OLEH DIRJEN KSDAE DAN PENANDATANGANAN KESEPAKATAN KONSERVASI ANTARA BALAI TAMAN NASIONAL BUKIT DUABELAS DENGAN 3 (TIGA) PEMERINTAH DESA PENYANGGA TNBD

Rabu, 16 Desember 2020 bertempat di Aula Kantor Balai Taman Nasional Bukit Duabelas, Direktur Jenderal KSDAE Bp. Ir. Wiratno M.Sc melakukan pembinaan pegawai sekaligus menyaksikan penandatanganan Kesepakatan Konservasi antara Balai Taman Nasional Bukit Duabelas dengan 3 Pemerintah Desa Penyangga TNBD

Goodyera colorata Blume

Anggrek merupakan salah satu kelompok tumbuhan berbunga yang dapat tumbuh di berbagai habitat seperti tanah berhumus, tanah rawa, batu cadas, dan pohon (epifit). Sejauh ini telah teridentifikasi sekitar 750 famili, 43.000 spesies dan 35.000 varietas hibrida anggrek dari seluruh penjuru dunia.

Peringatan Puncak Hari Konservasi Alam Nasional 2020 Akan Diselenggarakan di Bontang Mangrove Park, Taman Nasional Kutai

Peringatan puncak Hari Konservasi Alam Nasional digelar pada tanggal 15 – 16 September 2020. Peringatan yang akan di hadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, akan diselenggarakan di Bontang Mangrove Park, Taman Nasional Kutai, Bontang, Kalimantan Timur.

Berbagai kegiatan telah mewarnai peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2020 seperti:

Pages