Artikel

You are here

Peringatan Puncak Hari Konservasi Alam Nasional 2020 Akan Diselenggarakan di Bontang Mangrove Park, Taman Nasional Kutai

Peringatan puncak Hari Konservasi Alam Nasional digelar pada tanggal 15 – 16 September 2020. Peringatan yang akan di hadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, akan diselenggarakan di Bontang Mangrove Park, Taman Nasional Kutai, Bontang, Kalimantan Timur.

Berbagai kegiatan telah mewarnai peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2020 seperti:

Penyerahan Satwa Liar Julang Jambul Hitam (Aceros corrugatus)

Salam Konservasi, Sahabat Rimba Taman Nasional Bukit Duabelas...

Muara Bulian, 21 Juni 2020. Bertempat di kantor seksi PTN wilayah I Batanghari telah diserahkan satu ekor satwa liar dilindungi jenis burung Julang Jambul Hitam (Aceros corrugatus), yang masih anakan/juvenile (usia sekitar 6 bulan) dengan jenis kelamin betina kepada Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Jambi.

Visit "Mobile School" pada komunitas Orang Rimba

Ditengah mewabahnya virus COVID-19,  Sekolah Berjalan merupakan salah satu alternatif yang ditempuh oleh Balai Taman Nasional Bukit Duabelas untuk tetap hadir melayani kebutuhan akan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anak Orang Rimba/SAD sebagai bagian dari bentuk pemberdayaan kepada masyarakat penyangga kawasan. Kali ini bukan "Melangun" yang menjadi alasan dilakukannya kegiatan ini namun "Besesandingon", yang merupakan kebiasaan turun temurun dan merupakan salah satu kearifan lokal Orang Rimba/SAD untuk menjauhi keramaian, agar tidak terkena wabah penyakit.

Patroli Pengamanan Kawasan Hutan BTNBD

Sarolangun- Rabu, 18 Maret 2020-Balai Taman Nasional Bukit Dua Belas melalui SPTN Wilayah I Batang Hari Resort Bathin XXIV melaksanakan kegiatanPatroli Pengamanan Terestrial Bersama Masyarakat Mitra Polhut (MMP)“di SPTN I Wilayah Batanghari Resort Bathin XXIV Petak I.A.3 Grid AK.19, AJ.19, AI.19 dan AH.19. Personel Patroli terdiri dari 3 (tiga) Orang POLHUT Resort Bathin XXIV, 1 (satu) orang Babinsa TNI dan 6 (enam) orang MMP.

Hutan Lestari, Orang Rimba Sejahtera....

Hutan Bukit Duabelas adalah rumah Orang Rimba, sekaligus menjadi sumber penghidupan mereka sejak lama secara  turun temurun. Proses kehidupan yang sudah berlangsung lama tersebut, telah membentuk peradaban dan budaya saling ketergantungan antara manusia dan alam, manusia dengan hutan, yang harmonis dalam tatanan kehidupan tradisional yang kuat karena dibalut oleh aturan adat dan kearifan lokalnya.

Pages