Prosedur Masuk Kawasan

You are here

Prosedur masuk kawasan

Untuk dapat melakukan kegiatan di dalam kawasan konservasi dibutuhkan izin dari pejabat berwenang yang dikenal dengan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) dan segala ketentuan dituangkan dalam Peraturan Direktur Jendral Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam No : SK.192/IV/set/HO/2006. SIMAKSI dapat berlaku selama 3 (tiga) bulan dan dapat diperpanjang. Sesuai dengan SIMAKSI maka ketentuan berkunjung ke TNBD diatur sebagai berikut:

  1. Sebelum memasuki lokasi wajib melapor  kepada Kepala Balai TNBD
  2. Didampingi oleh petugas dari Balai TNBD
  3. Dalam proses pengambilan gambat (shooting) tidak berkenan memberikan perlakuan (makan dll) kepada satwa liar yang menjadi objek shooting dan atau perlakuan terhadap tumbuhan liar (pemotongan, penebangan pohon untuk keperluan dekorasi-dekorasi buatan)
  4. Tidak diperkenankan melakukan pengambilan gambar (shooting/foto) terhadap  rumah dan wanita Orang Rimba
  5. Memaparkan proposal penelitian dan ekspose hasil kegaitannya pada pengelola kawasan
  6. Menyerahkan hasil kegiatan pada Direktorat Jedral KSDAE dan Kantor Balai TNBD, Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi setempat selambat-lambatnya dalam jangka waktu 1 (satu) bulan setelah menyelesaikan kegiatan:
    • Copy laporan tertulis hasil kegiatan penelitian/pendidikan/penjelajahan/ cinta alam/ kegiatan jurnalisti
    • Copy film/ video/ foto jadi untuk pembuatan film/ video/ pengambilan foto
  7. Segala resiko yang terjadi dan timbul selama berada di lokasi akibat kegiatan   yang dilaksanakan menjadi tanggung jawab pemegang SIMAKSI.
  8. Komersialisasi hasil kegiatan (penggandaan buku hasil penelitian yang dijual khusus kepada umum) harus seizin instansi yang berwenang dan wajib menyetorkan hasil komersialisasi kepada negara yang besarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku melalui rekening kas negara pada bank-bank pemerintah.
  9. Khusus untuk pembuatan film/video wajib membuat tulisan Direktorat Jendral KSDAE dan logo Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam film/video yang dibuat.
  10. Dilarang membuang sampah sembarangan  diareal kawasan TNBD
  11. Mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku

Unduh berkas SIMAKSI        Permohonan SIMAKSI