Video

You are here

Reintroduksi Anggrek : The Conservation Tradition in Bukit Duabelas National Park

Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan kawasan pelestarian alam, yang menjadi habitat berbagai jenis flora dan fauna yang terdapat di dalam kawasan yaitu salah satunya anggrek alam. Upaya “Pelestarian dan pengawetan keanekaragaman hayati pada flora tersebut dilakukan Balai Taman Nasional Bukit Duabelas melalui penyusunan rencana pengelolaan tanaman Anggrek. Kegiatan ini merupakan pengembalian anggrek alam yang telah dibudidayakan di unit stasiun pengembangan anggrek alam ke dalam kawasan TNBD .

Kategori: 

BUKIT DUABELAS DAN ORANG RIMBA

Keunikan Taman Nasional Bukit Duabelas diantara taman nasional lainnya adalah keberadaan Suku Anak Dalam yang telah lama tinggal dan berpenghidupan di dalam kawasan. Hal ini juga menjadi salah satu dasar penunjukkan Taman Nasional Bukit Duabelas. Orang Rimba/Suku Anak Dalam hidup secara tradisional melalui kegiatan berburu dan meramu sumber daya alam yang ada di kawasan TNBD dan dalam perkembangannya saat ini mereka juga melakukan budidaya tanaman secara tradisional.

Kategori: 

Parade Konservasi Taman Nasional Bukit Duabelas

Parade .....!!!! Koservasi NKRI Harga Mati !!!! Demikian YEL-YEL yang dikumandangkan para peserta Parade Konservasi TNBD Tahun 2017 yang dilaksanakan di Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun. Peserta Parade Konservasi yang diikuti oleh 200 orang yang terdiri dari para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas yang berasal dari Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tebo dengan antusias mengikuti rangkaian acara pada Kegiatan Parade Konservasi TNBD Tahun 2017. Salam Rimba .....!!!! LESTARI !!!! Salam Konservasi ......!!!!

Kategori: 

Merekalah 'Rimbo Pintar' itu

Pendidikan adalah hak setiap orang. Tidak peduli apakah pendidikan tersebut didapat darimana, siapa yang menyampaikan, kapan sebaiknya dimulai, bagaimana bentuk pendidikan yang diberikan, dimana pendidikan tersebut dilaksanakan, hal yang pasti adalah bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang baik dan mutlak kita peroleh, tidak terkecuali bagi mereka, ya, merekalah 'Rimbo Pintar' itu.

Kategori: 

Tumbuhan Obat TN Bukit Duabelas

Tumbuhan Obat Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan jenis flora-flora unggulan yang berasal dari kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas berdasarkan penunjukkan oleh Orang Rimba yang berada di dalam kawasan Taman Nasional. Orang Rimba menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat tersebut untuk melakukan upaya pengobatan secara tradisional pada saat mengalami sakit dan pada saat kaum Ibu melahirkan. Pihak Taman Nasional Bukit Duabelas selanjutnya berupaya melestarikan jenis-jenis tumbuhan obat tersebut dengan membangun demplot dan melakukan uji laboratorium.

Kategori: 

Orang Rimba Bukit Duabelas

Saat ini masih sekitar 2000 Orang Rimba hidup di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas. Bagi Orang Rimba atau biasa disebut Suku Anak Dalam, kehidupan di tengah hutan telah mereka jalani selama ratusan tahun. Sayangnya, ekosistem hutan Bukit Duabelas, kini telah berubah, hutan semakin habis, mengakibatkan ruang hidup Orang Rimba kian menyempit. (KOMPAS/Irma Tambunan)

Kategori: