Foto

You are here

Kunjungan dari Explorer Jambi dalam rangka wisata budaya Orang Rimba/Suku Anak Dalam kelompok Temenggung Nggrip

Kunjungan dari Explorer Jambi dalam rangka wisata budaya Orang Rimba/Suku Anak Dalam kelompok Temenggung Nggrip yang berada di wilayah kerja SPTN II Tebo, Resort II.E Air Hitam I. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kunjungan tersebut yaitu melihat rumah adat, pengenalan jenis tumbuhan obat beserta cara penggunaannya, dan melihat proses pembuatan ambung dan tikar.

Kategori: 

Rapat multipihak yang diinisiasi oleh PT. Sari Aditya Loka

Rapat multipihak yang diinisiasi oleh PT. Sari Aditya Loka pada tanggal 24 Januari 2019 di kantor PT SAL 1. Rapat ini bertujuan untuk menyamakan pandangan tentang SAD khususnya masalah yang dihadapi serta solusinya kedepan.
Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari Balai TNBD, UNJA, Dinas Sosial Kab. Merangin, Kades Pematang Kabau dan Bukit Suban, Jenang SAD serta jajaran internal PT SAL.
Ikut serta pula kolega PT SAL dari Hongkong yang ingin mendengar langsung gambaran tentang SAD.

Kategori: 

rapat persiapan pembangunan jalan patroli di Aula Dinas PUPR Kab Sarolangun

Dalam rangka implementasi Perjanjian Kerjasama antara  Balai TN Bukit Duabelas dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, yang salah satu kegiatannya adalah pembangunan jalan patroli, dilaksanakan rapat persiapan pembangunan jalan patroli di Aula Dinas PUPR Kab Sarolangun. Rapat ini dipimpin oleh Asisten 2, dan dihadiri oleh perwakilan Dinas PU, Dandim, Dinsos, Camat Air Hitam. Pembangunan jalan patroli ini selain sebagai sarana pengelolaan sekaligus sebagai akses dalam pelaksanaan program pemberdayaan kepada Orang Rimba/Suku Anak Dalam di Taman Nasional Bukit Duabelas.

Kategori: 

pelatihan pemasangan camera trap dan sekaligus pengolahan datanya di kantor ZSL ( Zoological Society of London) Jambi.

Dalam rangka peningkatan kapasitas fungsional Pengendali Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional Bukit Duabelas, dilaksanakan pelatihan pemasangan camera trap dan sekaligus pengolahan datanya di kantor ZSL ( Zoological Society of London) Jambi. 
Pelatihan ini diikuti oleh 4 (empat) orang peserta dari BTNBD dan diharapkan dengan adanya pelatihan tsb, kegiatan pemantauan satwa liar di kawasan TNBD dapat memperoleh hasil yang lebih optimal.
 

Kategori: 

Patroli darat terestrial dan cek patok batas kawasan TNBD bersama TNI dan masyarakat di Resort II.F Air Hitam II, Petak II.F.17.

Patroli darat terestrial dan cek patok batas kawasan TNBD bersama TNI dan masyarakat di Resort II.F Air Hitam II, Petak II.F.17.

Sebelum pelaksanaan patroli, dilakukan apel dan pemberian arahan dari Kepala SPTN II Tebo. Kegiatan patroli di kawasan TNBD selanjutnya akan melibatkan para pihak seperti dari TNI, Polri dan masyarakat untuk memperkuat perli dungan dan pengamanan terhadap kawasan TNBD.

Kategori: 

Pendampingan ke sekolah rimba kejasung di Resort I.B Marosebo Ulu I SPTN Wilayah I Batanghari

Pendampingan ke sekolah rimba kejasung di Resort I.B Marosebo Ulu I SPTN Wilayah I Batanghari. 
Sekolah rimba ini diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan pada anak-anak usia sekolah kelompok Temenggung Celitai. Meskipun sudah tinggal di luar kawasan, akses menuju tempat bermukim kelompok ini masih cukup jauh dari desa terdekat, sehingga BTNBD berinisiatif menyelenggarakan pendidikan  non formal dengan mendatangkan guru ke lokasi tersebut sejak tahun 2015.

Kategori: 

Presentasi penelitian tim dari Fakultas Geologi Universitas Padjadjaran

Pada hari Kamis, 17 Januari 2019 dilaksanakan presentasi penelitian tim dari Fakultas Geologi Universitas Padjadjaran. Penelitian dengan judul Sejarah Sedimentasi, Tektonik, dan Vulkanisme Wilayah TNBD ini akan dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, akan meningkatkan nilai tambah kawasan TNBD sebagai lokasi penelitian yang berkaitan dengan ilmu geologi.

 

Kategori: 

Kunjungan Kepala Balai TNBD ke Resort I.C Marosebo Ulu II SPTN Wilayah I Batanghari

Kunjungan Kepala Balai TNBD ke Resort I.C Marosebo Ulu II SPTN Wilayah I Batanghari pada hari Kamis, 17 Januari 2018. Pada kesempatan ini Kepala Balai juga mengecek  potensi ekowisata berupa embung air di desa Peninjauan bersama Pokdarwis Pesona Embung.

Kategori: 

Workshop "Menggagas Model Intervensi Perubahan Sosial Orang Rimba"

Kegiatan Workshop "Menggagas Model Intervensi Perubahan Sosial Orang Rimba" yang diprakarsai oleh Yayasan Prakarsa Madani bekerjasama dengan BAPPEDA Kab. Sarolangun pada tanggal 16 Januari 2019  di Aula Bappeda Sarolangun. Pada kegiatan ini disampaikan hasil penelitian yayasan Prakarsa Madani tentang permasalahan Orang Rimba serta solusi yang kemungkinan bisa diambil. Kegiatan ini juga bertujuan menginisiasi adanya forum multipihak yang khusus membahas tentang Orang Rimba.

Kategori: 

Pages