Rotan Sebagai Salah Satu Mata Pencaharian Suku Anak Dalam

You are here

Salam Konservasi, Sobat Rimbo Taman Nasional Bukit Duabelas...

Rotan merupakan salah satu hasil hutan bukan kayu yang potensinya banyak terdapat di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD). Berdasarkan hasil identifikasi pada tahun 2012, berbagai jenis rotan terdapat di dalam kawasan TNBD, antara lain jenis rotan tersebut yaitu rotan Semambu (Calamus scipionum Loureiro), Manau (Calamus manan Miquel, Sega (Calamus caesius Blume) dan lain-lain. Rotan-rotan tersebut tersebar hampir diseluruh wilayah TNBD. wilayah kerja Resort I.C MaroseboUlu II, SPTN Wilayah I Batanghari, rotan terdapat dibeberapa lokasi yaitu antara lain wilayah sungai Kejasung Besar, sungai Kejasung Kecil, sungai Siamang Labu, dan Dam Melempa.

Rotan memiliki banyak kegunaan dan mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. SAD/Orang Rimba memanfaatkan rotan untuk bahan kerajinan seperti pembuatan ambung, tikar, supit, dll. Selain itu mereka juga mencari rotan sebagai salah satu mata pencaharian untuk mencukupi kebutuhan hidup. Proses dalam pengambilan rotan ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, butuh beberapa minggu bahkan sampai beberapa bulan rotan baru bisa dijual oleh SAD. Mereka mencari lokasi yang masih banyak terdapat rotan, lalu rotan dicari, diambil, diangkut dengan dipikul pada titik pengumpulan dan kemudian dibawa keluar hutan untuk dijual dengan menggunakan rakit bambu yang perjalanannya sekitar seminggu bahkan kadang lebih tergantung pasang surutnya air sungai.

Pada umumnya jenis rotan yang diambil oleh SAD yaitu dari jenis rotan manau, rotan sego putih, rotan semambu dengan ukuran besar, cukup umur dan layak diambil. Untuk rotan yang masih kecil tidak mereka ambil dan ditinggalkan hingga dia besar sehingga layak untuk diambil nantinya. Asas konservasi dan aturan adat masih dipakai orang rimba dalam pengambilan hasil hutan bukan kayu khususnya pengambilan rotan di dalam kawasan TNBD, agar kelestarian sumber daya kawasan hutan TNBD tetap terjaga.

.

.

.

PENULIS : ALHAN FEBRIAN, SP (POLHUT PERTAMA BTNBD)