Penyerahan Satwa Liar Julang Jambul Hitam (Aceros corrugatus)

You are here

Salam Konservasi, Sahabat Rimba Taman Nasional Bukit Duabelas...

Muara Bulian, 21 Juni 2020. Bertempat di kantor seksi PTN wilayah I Batanghari telah diserahkan satu ekor satwa liar dilindungi jenis burung Julang Jambul Hitam (Aceros corrugatus), yang masih anakan/juvenile (usia sekitar 6 bulan) dengan jenis kelamin betina kepada Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Jambi.

Kondisi saat diserahkan beberapa bulu sayap dan ekor hilang sehingga kesulitan untuk terbang. Burung tersebut merupakan hasil serahan dari Suku Anak Dalam (SAD) Taman Nasional Bukit Duabelas kepada petugas Resort I. C Marosebo Ulu II. Sebelum diserahkan kepada petugas burung Julang Jambul Hitam (Aceros corrugatus) tersebut dipelihara oleh SAD, burung tersebut ditemukan SAD jatuh dari pohon di dalam hutan ketika sedang melakukan aktifitas mencari buah. Ketika berjumpa dengan petugas yang sedang melakukan patroli, SAD tersebut menyerahkan burung tersebut untuk dirawat karena kondisinya yang kurang baik. Selanjutnya petugas membawa burung tersebut dan menyerahkannya pada  Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Jambi.

Penyerahan satwa liar yang dilindungi ini wujud kepedulian SAD Taman Nasional Bukit Duabelas untuk melestarikan satwa liar yang dilindungi agar tidak punah dan terus lestari di alam. Burung Julang Jambul Hitam merupakan salah satu satwa liar dilindungi yang saat ini jumlahnya mulai  sedikit di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas khususnya di wilayah kerja Resort I.C Marosebo Ulu II 

Diharapkan bila kondisi satwa tersebut sudah kembali sehat nantinya dapat dilepas liarkan kembali di dalam kawasan TNBD.

.

.

.

PENULIS : ALHAN FEBRIAN, SP (POLHUT PERTAMA BTNBD)