Pencapaian Target PNBP di Balai Taman Nasional Bukit Duabelas Tahun 2017

You are here

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang memegang peranan penting dalam pembangunan. Setiap tahunnya, masing-masing kementerian menerima target PNBP yang telah ditetapkan bersama dengan Kementerian Keuangan. Target kementerian ini kemudian dibagi-bagi kepada pelaksana-pelaksana teknis yang dibawahnya, termasuk pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Salah satu jenis PNBP di Kementerian Hidup dan Kehutanan bersumber dari kunjungan dan kegiatan lainnya di kawasan pelestarian alam dan kawasan suaka alam, dimana taman nasional berada dalam kategori ini. Jenis-jenis dan tarif PNBP yang berlaku diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2014 tanggal 14 Februari 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan. Di Taman Nasional Bukit Duabelas sendiri, beberapa kegiatan yang sering dilakukan dan dipungut PNBPnya adalah kunjungan wisata, penelitian, snapshot komersil dan penginapan di pondok wisata.

Pada tahun 2017 ini, target PNBP yang ditetapkan untuk Balai TNBD adalah sejumlah Rp. 12.500.000. (dua belas juta lima ratus rupiah). Sampai dengan tanggal 18 Desember 2017, penerimaan PNBP Balai TNBD telah mencapai jumlah total Rp. 18.606.000 (delapan belas juta enam ratus enam ribu rupiah) atau melebihi target sebesar Rp. 6.106.000 (enam juta seratus enam ribu rupiah).

Sebagian besar PNBP ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan di kawasan dan snapshot video komersil dengan total PNBP sejumlah Rp. 14.850.000 (empat belas juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah), sementara sisanya berasal dari kunjungan wisata dalam dan luar negeri serta penyewaan pondok wisata standar.

Meskipun jumlah yang diperoleh pada tahun 2017 ini masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan PNBP pada taman nasional lainnya, tetapi pencapaian PNBP yang melebihi target tetaplah prestasi yang harus disyukuri dan dijadikan motivasi agar lebih baik ke depannya. Upaya-upaya untuk meningkatkan jumlah PNBP selalu dilakukan oleh Balai TNBD seperti promosi melalui leaflet, buku, dan pameran tingkat lokal dan nasional. Ada pula kegiatan seperti parade konservasi, Kelompok Pecinta Alam, pembuatan track wisata dan pelatihan  ekowisata untuk menarik masyarakat agar datang berkunjung ke kawasan sehingga bisa menambah jumlah PNBP sehingga sebanding dengan taman nasionla lainnya di Indonesia.

Tags: