Pembinaan Teknis Kepala Balai ke Resort II.E Air Hitam I sekaligus Kunjungan Kerja ke Wisata Budaya Rumah Adat Orang Rimba

You are here

Rabu, 10 Februari 2021 Kepala Balai TNBD bersama Kepala Seksi PTN Wilayah II didampingi oleh Kepala Resort II.E Air Hitam I beserta Staf melakukan kunjungan kerja ke wilayah adat Kelompok Temenggung Grip tepatnya di Kawasan Wisata Budaya Rumah Adat Orang Rimba. Perjalanan menuju rumah adat dilakukan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 2 jam dari batas kawasan. Sepanjang perjalanan tim sekaligus mendata lahan garapan anggota kelompok Temenggung Grip.

Di lokasi Rumah Adat Kepala Balai berdiskusi secara langsung dengan Kelompok Temenggung Grip tentang pengembangan Wisata Budaya mulai dari akses wisata, paket wisata yang ditawarkan, dan membahas pengelolaan zona tradisional/tanah behuma untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Suku Anak Dalam melalui pengelolaan tapak keluarga.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai menegaskan agar Orang Rimba turut menjaga dan mengelola kawasan TNBD, beliau optimis jika Orang Rimba menggarap dengan baik dan benar tapak keluarganya maka taraf ekonomi Orang Rimba pasti akan terpenuhi dan tercukupi. Beliau berpesan Orang Rimba harus memiliki kekuatan sendiri, yang pertama yaitu wilayah adat yang telah dimiliki dan yang kedua bagaimana cara untuk mengelola lahan garapan sehingga Orang Rimba tidak akan meninggalkan wilayah adatnya atau menjual kepada orang luar. 

Diskusi berlangsung santai dan hangat, namun tetap fokus pada maksud dan tujuan dari Kunjungan Kerja Kepala Balai TNBD ke Rumah Adat Orang Rimba.