Kunjungan Bumi Edukasi dan Relawan Pengajara Melawan TN Kutai Kalimantan Timur

You are here

Pada hari selasa tanggal 2 s.d 6 Maret BTN Bukit Duabelas kedatangan tamu Bumi Edukasi dan Relawan Pengajar Melawan TN Kutai Kalimantan Timur.

Keluarga BTN Bukit Duabelas, terharu, dan merasa bangga atas kunjungan ini, meskipun hanya beberapa hari, semoga pertemuan ini cukup untuk melepas rindu dan berbagi pengalaman yang dialami di lokasi masing-masing. Ini menjadi penambah semangat dan darah segar bagi relawan dan pejuang pendidikan Orang Rimba di Bukit Duabelas.

Berdasarkan data sensus 2018 anak-anak usia sekolah di masyarakat Orang Rimba saat ini berjumlah 1.120 anak, Tapi karena tinggal di hutan maka jauh dari akses sekolah. Inilah yg menjadi tujuan Sekolah Rimba diselenggarakan untuk mendekatkan pendidikan kepada mereka.  

Saat ini ada 6 unit Sekolah Rimba yg  dibangun bersama sama dg mitra dan baru bisa menampung 389 siswa dari seluruh anak-anak usia sekolah di komunitas ini. Target kita adalah seluruh anak-anak dari 13 kelompok Orang Rimba Bukit Duabelas bisa dijangkau oleh program pendidikan dari Sekolah Rimba.

Terima kasih  banyak dan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada tokoh/pejuang pendidikan bagi masyarakat pinggiran hutan yaitu Mbak Nina dan relawan melawan TN kutai.

Tetap jaga kebersamaan dan kekompakan dlm barisan

Tetap semangat dengan penuh keyakinan bahwa apa yg sdg kita kerjakan ini, apa yg kita perjuangkan ini yaitu sekolah dan pendidikan bagi komunitas terpencil adalah satu2nya cara yg bisa mendekatkan jarak' menghilang batas dan meruntuhkan sekat sosial yg selama ini dialami oleh komunitas terpencil tanpa harus meninggalkan nilai2 luhur dan kearifan lokal yg diwariskan oleh leluhur kita.