JENIS BUAH-BUAHAN HUTAN DI TAMAN NASIONAL BUKIT DUABELAS YANG BIASA DIKONSUMSI OLEH ORANG RIMBA

You are here

Rambutan hutan

Taman Nasional Bukit Duabelas memiliki berbagai jenis tumbuhan, termasuk tumbuhan penghasil buah. Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan kawasan yang dihuni oleh komunitas Suku Anak Dalam/Orang Rimba. Orang Rimba memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan yang berada di hutan sebagai bahan pangan dan kebutuhan hidup lainnya. Salah satu pemanfaatan tumbuhan oleh Orang Rimba adalah buah-buahan. Berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang biasa dikonsumsi oleh Orang Rimba :

 

1.   Buah cempedak/Tebelak (Arthocarpus integer (Thunb.)Merr.) Warna buah sewaktu mentah hijau,setelah masak berwarna kuning, biji (semen) berwarna putih, setelah masak berwarna kuning. Isi buah sewaktu mentah berwarna putih  setelah masak berwarna putih kekuningan.

2.  Siuh (Nephelium mutabile BI). Buah siuh  bentuknya hampir mirip seperti buah rambutan ( Nephelium mutabile BI)tetapi bagian depan buah siuh runcing,buah siuh tidak memiliki bulu/rambut seperti buah rambutan pada umumnya, Isi biji siuh (Nephelium mutabile BI) pada saat masih muda dan setelah masak berwarna kuning.Isi biji pada saat masak berwarna  kemerahan,dan bentuk biji bulat lonjong. Kulit buah pada saat mentah berwarna hijau tua,setelah masak berwarna kuning, dan setelah masak berwarna merah.

3. Dekat (Nepheelium cf. Uncinatum Radlk.) Buah ini hampir mirip dengan buah rambutan (Nepheliun cf. Radlk) pada umumnya berbentuk bulat,memiliki rambut. Isi buah setengah masak berwarna putih,setelah masak berwarna kecoklata. Kulit buah pada saat mentah berwarna hijau tua,setengah masak berwarna kuning,dan setelah masak berwarna merah hati.

Kulit buah pada saat mentah berwarna hijau tua,setengah masak berwarna kuning,dan setelah masak berwarna merah hati.

4. Rambutan hutan (Nephelium cuspidatum Blume.) Buah ini memiliki ciri: Bunga berwarna kuning,dan warna putik hijau.Kulit buah setengah masak berwarna merah,dan setelah masak berwarna hitam.

5. Gitan (Willughbeia angustifolia(Miq.) Markgaf) Buah ini memiliki ciri: sama dengan buah apel hijau,ukuran buah gitan lebih besar dibanding ukuran buah apel hijau. Ketika masak buah ini memiliki rasa yang asam dan kurang enak.

6. Buntor (vatica cf.pauciflora (Kort.) Blume) bunga berwarna putih,warna putik hijau.Bagian kulit luar berwarna hijau saat buah masih mentah,bagian buah saat masak berwarna kuning,dan kulit berwarna coklat.

7. Siabuk (Dimocarpus cf. Longan Lour.) Buah hampir mirip seperti buah dekat, tetapi ukuran buah siabok (Dimocarpus cf. Lonan Lour.) lebih kecildibandingkan dengan buah dekat.

8. Kuduk Kuya/biawak (Nephelium sp. 2) Buah ini mempunyai ciri yang sama seperti buah rambután,baik bentuk,ukuran dan warna.Tetepi buah ini tidak memiliki rambut pada bagian kulit buahnya.Bagian bunga berwarna putih,bentuk dan ukuran buah bulat. Bagian isinya buah berwarna berwarna putih,bagian kulit luar buah kuduk kuya/biawak pada saat mentah berwarna hijau tua,dan bagian kulit buah setelah masak berwarna merah.

9. Thayoy (Mangifera foetida Lour.) Buah ini mempunyai ciri: bunga berwarna merah dan putik berwarna hijau. Bagian kulit buah pada saat masak berwarna kuning,bagian kulit biji berwarna coklat,dan bagian isi biji berwarna kuning.

10.Pedaro (Nephelium sp.1) Buah ini Mirip buah kelengkeng,baik bentuk dan warna. Ukuran buah pedaro lebih kecil dibandinhkan dengan buah kelengkeng, pedaro ukurannya bulat lonjong, sedangkan untuk buah kelengkeng ukurandominan bulat tetapi lebih besar dari pedaro.Bagian bunga pedaro berwarna putih, bagian putik berwarna hijau,bagian buah pada saat mentah berwarna hijau,dan bagian buah pada saat masak berwarna kecoklatan. Kulit biji bagian luar buah berwarna hitam dan isi buahnya berwarna putih.  

 11.Salak Hutan (zalacca confrrta G. Riff.) Buah memiliki perbedaan dengan salak biasa, isi dari buah salak hutan lebih tebaldibandingkan dengan isi buah salak biasa. Bagian bunganya berwarna merah, dan putik buah berwarna coklat.

12.Nadas/Rambai (Baccaurea motleyana M. A.) buahnya berkulit agak seperti beludru dengan warna kuning atau coklat muda, berisi tiga sampai lima biji yang terbungkus oleh daging buah. Buah ini memiliki rasa manis jika kulit buah sudah berwarna kemerahan.

13. Pisang kraya (Musa acuminate colla). Buahnya memiliki ciri sama dengan pisang raja yang membedakan pisang kaya buahnya lebih kecil dan memiliki biji pada bagian isi buah. Rasanya asam dan sedikit pahit>

14. Durian haji (Durio zibethinus Murr.) warna buah yang masih muda hijau muda, setelah matang buah berwarna kuning. Isi buah berwarna putih kekuning-kuningan. Rasa buahnya manis dan wangi.

15. Tampuy Kuning (Baccaurea reticulate hook.f.) isi buah berwarna kuning dan terlihat pulur pada bagian dalam buah. Kulit buah yang masih muda berwarna hijau dan yang sudah matang warna kulit merah muda. Rasanya manis tapi baunya agak menyengat.

16. Tampuy Nasi ( Baccaurea bracteata M.A.) isi buah berwarna putih kemerahan, bagian kulit luar dan dalamnya saat buah masi mentah berwarna merah kecoklatan.buah yang sudah matang kulit luar dan dalam berwarna merah. Rasa buah kurang manis dibanding tampuy kuning.

17. Tampuy Rimba (Baccaurea polyneura Hook.f.) pada saat mentah kulit buah berwarna hijau muda, saat buah sudah matang kulitnya berwarna merah. Rasanya manis perpaduan antara buah manggis dan sirsak.

18. Lansat (Lansium domestika Corr) bentuk buahnya mirip duku, bagian kulit luar terdapat bulu-bulu halus, rasanya asam bergetah dan mengandung air.

19. Tampuy tengkerawok (Baccaurea sp.2) saat mentah maupun matang kulit bagian luar dan dalam berwarna merah muda , isi buah berwarna putih, rasanya asam.

20. Tupa (Baccaurea felucida Redl) pada saat mentah kulit buah berwarna hijau tua, saat matang berwarna orange. Isi buah saat muda warna merah muda, pada saat udah matang berwarna merah tua. Rasanya manis asam.

21. Jengkolut (Xerospermum laevigatum Radlk.) tanaman buah yang melekat pada batang,buah waktu mentah berwarna hijau tua, sewaktu masak warnanya kuning. Rasanya manis.

22. Durian daun (Durio lowianus. Ex King) Buah ini mempunyai ciri: Batang berkayu, silindris tegak,bercabang banyak, berwarna hijau baik mentah maupun masak. Rasanya manis, dan beraroma lebih wangi dibandingkan durian biasa.

23. Kasai (Pometa Pinnata J.R & G Frorst.) Waktu mentah warnanya hijau dan waktu masak warnanya hitam. Rasanya menyerupai perpaduan antara buah kelengkeng dan durian.

24. Koncing undi/Akar kuning (Tinomiscium petiolare Miers ex.f.&Thoms.) salah satu jenis buah yang melekat pada akar. Waktu mentah berwarna hijau tua,masak berwarna merah tua. Rasanya pahit.

25. Buah ketopon (Baccaurea sp. 1) Buahnya mirip duku, lebih kecil dari buah duku langsat. Mentah warnanya hijau, msak berwarna kuning kecoklatan.Rasanya manis.

26. Kabau (Pithecellobium bubalinum (jack)I.C. Nielsen) Buah kabau masih satu familia dengan buah jengkol, yang membedakannya hanya bentuk buahnya. Rasanya pahit serta beraroma kurang sedap/berbau busuk.

27. Jagul/Beton (Cannarium commune L.) Buah ini mirip dengan buah kurma. Rasanya asam dan kurang enakbila dimakan.

28. Tampuy sibenggang (Baccaurea sp). Waku mentah warna kulit buah putih, kalau sudah matang warna kulit buah kuning, rasanya manis dan harum.

29. Bekil.  Bentuk buahnya mirip cempedak, tapi isi dalamnya kalau sudah masak berwarna merah. Waktu mentah warna kulit buah hijau muda, setelah matang berwarna kuning.Rasanya manis.

30. Tungow. Bentuk buah seperti buah tampuy nasi, waktu masih mentah warna kulit buah putih, setelah matang putih kekuning-kuningan. Rasanya manis.

 

Selain itu masih banyak jenis buah-buahan hutan yang terdapat di Taman nasional Bukit Duabelas yang biasa dimanfaatkan atau di konsumsi oleh Orang Rimba. Pengetahuan Orang Rimba tentang alam dan tumbuhan ini penting untuk diketahui dan didokumentasikan karena selain sebagai nilai budaya yang perlu dilestarikan juga dapat menjadi referensi mengenai pelestarian alam dengan melibatkan Orang Rimba di kawasan TNBD.